cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
TRANSISTOR Elektro dan Informatika
ISSN : 1411366X     EISSN : -     DOI : -
TRANSISTOR EI (Jurnal Elektro dan Informatika) adalah publikasi ilmiah yang menerbitkan artikel bidang teknik elektro yang mencakup ketenagaan, elektronika, instrumentasi, telekomunikasi, kendali; serta bidang teknik informatika yang mencakup sistem informasi, software engineering, computer network, robotika, kecerdasan buatan, dan data mining. Jurnal ini adalah kelanjutan dari Jurnal Transistor yang terakreditasi DIKTI tahun 2004 s.d. 2007 (SK No. 39/Dikti/Kep/2004). Jurnal ini berubah nama menjadi Jurnal TRANSISTOR Teknik Elektro dan Teknik Informatika (TRANSISTOR-TETI) untuk menegaskan fokus bidang ilmu dari artikel yang diterbitkan yaitu bidang teknik elektro dan teknik informatika. Kedua bidang tersebut sangat dekat dan banyak beririsan dan saling bersinergi sehingga dijadikan tema dalam jurnal ini.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2023)" : 6 Documents clear
Sistem Prediksi Kebutuhan Bahan Baku (Raw Material) di Perusahaan Berbasis Web Menggunakan Metode Moving Average Ilham Hidayat; Andi Riansyah; Sri Mulyono
TRANSISTOR Elektro dan Informatika Vol 5, No 3 (2023)
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/ei.5.3.131-138

Abstract

Proses produksi merupakan serangkaian proses panjang yang saling berhubungan satu sama lain. dimana proses ini berpangkal pada bahan baku dan berujung pada terbentuknya bahan jadi atau finish good. Sebagai pangkal dari proses produksi, Kendala yang terjadi pada bahan baku akan berdampak pada proses berikutnya yaitu proses produksi itu sendiri. Ketika proses produksi terhambat maka pembuatan produk juga akan ikut terganggu. Tentu hal tersebut akan menimbulkan dampak kerugian pada pihak-pihak terkait. Karena itu dengan memanfaatkan metode moving average dilakukan prediksi untuk menentukan jumlah bahan baku yang akan digunakan dalam proses produksi. hal ini dimaksudkan agar tidak ada kekurangan bahan baku dalam proses produksi. dalam penelitian kali ini menggunakan metode moving average yang menghasilkan akurasi sebesar 97.5 % pada nilai n =2 dan akurasi sebesar 83% pada nilai n = 5.
Identifikasi Kepakaran Dosen Berdasarkan Rekam Jejak Publikasi Terindeks Sinta Menggunakan Yet Another Keyword Extractor (YAKE) Muhamad Reynaldi Ilhamsyah; Imam Much Ibnu Subroto; Sam Farisa Chaerul Haviana
TRANSISTOR Elektro dan Informatika Vol 5, No 3 (2023)
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/ei.5.2.%p

Abstract

Perkembangan sistem pendidikan yang semakin digital dan global mempengaruhi berbagai aspek pendidikan, termasuk dalam hal penentuan kepakaran dosen pada perguruan tinggi. Namun, di Universitas Islam Sultan Agung Semarang, sistem pencarian kepakaran dosen masih belum tersistem dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah sistem yang dapat mengidentifikasi kepakaran dosen berdasarkan rekam jejak publikasi dosen yang terindeks dalam scopus pada SINTA. Metode yang digunakan, yaitu metode Yet Another Keyword Extractor (YAKE) yang akan menghasilkan sekumpulan kata kunci dan skor relevansinya yang akan dijadikan data kepakaran dosen secara spesifik. Dalam pengembangan sistem ini setiap dosen akan menghasilkan kata kunci dengan variasi 1 hingga 3 frasa kata kunci yang dihasilkan, dan jumlah kata kunci maksimal dalam penelitian ini adalah 20 kata kunci setiap dosen berdasarkan perhitungan metode mean average precision@k (MAP@K). Sehingga, setiap dosen akan memiliki jumlah kata kunci yang berbeda-beda sesuai dengan isi publikasi dan hasil ekstraksi metode Yet Another Keyword Extractor (YAKE) pada publikasi dosen tersebut. Jumlah total hasil kata kunci dalam ekstraksi penelitian ini yaitu 3264 kata kunci. Dengan memanfaatkan metode ini dapat secara lebih objektif mengidentifikasi serta mewakili tingkat kepakaran seorang dosen dalam bidang tertentu secara spesifik dan diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam proses pendidikan, mendorong kolaborasi antar dosen, dan memberikan pandangan yang lebih jelas tentang bidang kepakaran di lingkungan Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Pemanfaatan MidtrGame Edukasi Petualangan Menggunakan RPG Maker MV dengan Finite State Machineans Sebagai Gateway pada Sistem Pembayaran Administrasi Sekolah Ardhi Dwi Andika; Sri Mulyono; Bagus Satrio Waluyo Poetro
TRANSISTOR Elektro dan Informatika Vol 5, No 3 (2023)
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/ei.5.3.139-146

Abstract

Penelitian Game Edukasi Petualangan Menggunakan RPG Maker Mv dengan berlatarbelakang mengenai game yang bermunculan tahun 2022 banyak mengandung unsur pendidikan. Game ini bergenre RPG berlatar spesifik Unissula dan karakter yakni mahasiswa FTI. Dengan metode Finite State Machine, pemain dituntut menyelesaikan permainan dengan baik, beberapa syarat menjadi pemicu game ini, hingga pemain dapat melanjutkan ke state selanjutnya. Beberapa kekurangan penelitian ini hanya berjalan di PC dan jumlah gender pada pemain hanya ada laki-laki. Tujuan penelitian ini dibuat untuk membuat game edukasi Mahasiswa Baru Unissula. Menganalisa kualitas multimedia dan pixel grafik game Advenducation. Mengimplementasikan metode fsm game. Hasil penelitian ini game Advenducation yang dimainkan pada PC, dengan metode Finite State Machine membuat game Edukasi RPG sangatlah baik, karena player bermain sambil belajar dengan mencar suatu persyaratan agar lanjut ke level selanjutnya. Hal ini akan membuat player secara tidak sadar telah mempelajari bagaimana melakukan sesuatu agar bisa berurutan demi mencapai suatu tujuan tertentu.
Klasifikasi Bidang Ilmu Publikasi Ilmiah Terindeks SINTA Menggunakan Metode Naïve Bayes Kusuma Nurnasikha; Sam Farisa Chairul Haviana; Imam Much Ibnu Subroto
TRANSISTOR Elektro dan Informatika Vol 5, No 3 (2023)
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/ei.5.3.147-154

Abstract

Publikasi ilmiah menjadi tuntutan akademik untuk menunjukkan tanggangjawab sebagai peneliti. Di Indonesia salah satu kegiatan yang berkaitan dengan status peneliti adalah publikasi yang terindeks SINTA (Science and technology Index). Secara garis besar besar judul-judul dapat diklasifikasikan ke dalam lima bidang ilmu yaitu Arts & Humanities, Engineering & Technology, Life Sciences & Medicine, Natural Sciences, and Social Sciences & Management. Permasalahannya adalah judul penelitian belum terklasifikasikan secara otomastis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan dan menguji kinerja Naive Bayes dalam klasifikasi lima bidang ilmu pada publikasi terindeks Scopus. Naïve Bayes merupakan klasifikasi prediksi yang mudah diinterpretasikan. Naïve Bayes memudahkan peneliti mengklasifikasikan lima bidang ilmu karena modelnya sederhana dan cukup fleksibel meningkatkan kualitas keputusan dihasilkan. Berdasarkan hasil dari perhitungan menggunakan algoritma Naive Bayes, diperoleh nilai pada akurasi 0,425 recall 0,20 dan presisi 0,05. Namun hasil tersebut masih cukup rendah jika digunakan pada sistem SINTA dikarenakan  pada saat pelabelan dataset yang digunakan belum optimal.
Identifikasi Kematangan Buah Jeruk Medan Menggunakan K-Nearest Neighbor berbasis Metrik RGB Allief Suryatama Jaya Putra; Imam Much Ibnu Subroto; Bagus Satrio Waluyo Poetro
TRANSISTOR Elektro dan Informatika Vol 5, No 3 (2023)
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/ei.5.3.155-160

Abstract

Kemajuan pesat inovasi di bidang pengolahan citra semakin membuat aplikasi dan eksplorasi strategi penanganan gambar dibuat. Pengolahan citra mempunyai peranan penting di berbagai bidang. Aplikasi pengolahan citra berkaitan dengan pemrosesan citra berkaitan dengan transformasi warna. Dalam hal ini, metode transformasi ruang warna RGB sebagai bagian dari pengolahan citra membantu dalam mendeteksi warna dalam citra dan mengolahnya. Ruang warna merupakan model matematis yang menjelaskan mengenai warna yang direpresentasikan ke dalam model angka. Dalam penelitian ini, berdasarkan dari hasil pengujian menggunakan citra buah Jeruk Medan untuk mendeteksi jenis kematangannya dengan melakukan transformasi ruang warna RGB lalu mencari nilai rata-rata dari setiap warna dasar yaitu merah, hijau, dan biru kemudian memberikan metode KNN algoritma yang sering digunakan dalam pembelajaran mesin. Algoritma ini digunakan untuk memprediksi kelas suatu objek berdasarkan data pembelajaran yang ada. Algoritma ini bekerja dengan cara mencari objek yang paling mirip dengan objek yang ingin diprediksi kelasnya, lalu menggunakan kelas dari objek-objek tersebut untuk memprediksi kelas dari objek yang ingin diprediksi yang dilakukan dengan menggunakan data sampel sebanyak 180 data buah yang terdiri dari 60 citra buah Jeruk Medan disetiap jenis kematangannya, 60 sampel uji buah Jeruk Medan matang, 20 sampel buah Jeruk Medan setengah matang dan 60 sampel buah Jeruk Medan mentah. Pada penelitian ini mendapatkan nilai hasil dari klasifikasi dari k = 9 juga memiliki presentasi yang tinggi yaitu 87%
Deteksi Similarity Tugas Akhir Mahasiswa Menggunakan Cosine Similarity Yustian Dikma Eka Putra; Imam Much Ibnu Subroto; Sam Farisa Chaerul Haviana
TRANSISTOR Elektro dan Informatika Vol 5, No 3 (2023)
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/ei.5.3.122-130

Abstract

Tugas akhir (TA) atau tesis merupakan sebuah mahakarya tertulis berupa rangkaian tulisan ilmiah yang mempresentasikan hasil dari sebuah penelitian guna membahas suatu masalah di dalam suatu bidang keilmuan tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah penulisan yang berlaku di suatu bidang ilmu pengetahuan tertentu. Sementara dalam pembuatan tugas akhir sendiri sering ditemui tindak plagiarisme, tindakan ini sendiri bertujuan untuk mencuri hasil pikiran orang lain. Metode cosine similiarity  digunakan untuk menghitung similiarity atau kemiripan dokumen dari tugas akhir dengan tujuan untuk menghitung seberapa besar tingkat similiarity-nya sehingga nantinya dapat digunakan sebagai salah satu cara mengidentifikasi apakah dokumen tersebut plagiat atau tidak. Pada perhitungan metode cosine jika semakin mendekati angka 1 maka dokumen tersebut bisa dianggap plagiat dan sebaliknya jika mendekati angka 0 maka similiarity atau kesamaan dokumen tersebut rendah.

Page 1 of 1 | Total Record : 6